• Jam buka

    07.00 - 20.30 WIB

  • Customer Service

    081240806323

  • hotline

Bersepeda Saat Corona, Amankah? - Brownies Cinta Official

Bersepeda Saat Corona, Amankah?

KARANGANYAR, Browniescinta.id- Belakangan Ini jalanan dipenuhi oleh warga yang sedang asik bersepeda, baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Fenomena tersebut cukup marak akhir-akhir ini akibat dilonggarkannya kebijakan lockdown saat pendemi Covid-19 di Indonesia. Bahkan, di DKI Jakarta terjadi lonjakan jumlah pesepeda yang cukup tajam di banding  bulan-bulan sebelum virus corona melanda.

Banyak orang memilih untuk bersepeda meskipun di ketahui belum terjadi penurunan yang cukup signifikan terhadap jumlah orang yang terpapar virus corona. Menurut mereka, bersepeda selain membuat badan terlihat lebih bugar, banyak hal menarik yang dapat kita temui selama perjalanan.

Lalu, bagaimanakah tips bersepeda yang baik dan aman meskipun dalam kondisi pendemi virus corona?

Berikut Browniescinta.id hadirkan beberapa tips yang mungkin dapat anda praktekan agar kegiatan bersepeda anda tetap aman dan sehat.

 

  1. Cek Sepedamu Terlebih Dahulu

Sebelum pergi bersepeda, sebaiknya kamu pastikan sepeda dalam kondisi baik. Pengecekan ini tidak harus dilakukan setiap hari, tapi bisa saat ingin bersepeda. Saat pengecekan, hal yang perlu diperhatikan adalah rem, pastikan rem dapat berfungsi dengan baik, rantai dan gir bersih dan terlumasi dengan baik, cek juga roda dan pastikan tidak goyang. Terakhir, pastikan tekanan angin pada ban berada di kondisi yang pas.

  1. Kenakan Atribut Pelindung

Mengenakan atribut pelindung dapat menunjang keselamatan pesepeda dari cidera atau luka parah saat terjadi kecelakaan atau pun saat terjatuh. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus Anda kenakan saat bersepeda:

  1. Helm
  2. Sepatu
  3. Masker
  4. Kaca mata
  5. Pelindung siku dan lutut
  6. Sarung tangan (saat musim dingin)
  7. Lampu (digunakan pada malam hari)
  8. Pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat
  9. Kunci gembok (jika Anda berencana untuk meninggalkan sepeda dan singgah dibeberapa tempat)

 

  1. Perhatikan Asupan Saat Bersepeda

Jika Anda terbiasa dengan olahraga lain, seperti berlari atau berenang, kebiasaan makan saat berlatih merupakan hal sebaiknya dihindari. Akan tetapi, berbeda untuk para pesepeda yang membutuhkan asupan energi dari makanan selama ini mengayuh sepedanya, apalagi bagi mereka yang melakukan perjalanan bersepeda hingga berjam-jam.

Itulah sebabnya, pastikan untuk selalu membawa camilan ringan saat Anda bersepeda selama lebih dari 90 menit. Pengendara sepeda biasanya juga membawa air dalam botol yang dipasang di sepeda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pesepeda untuk minum saat haus selama bersepeda.

 

  1. Taati Aturan Lalu Lintas

Saat bersepeda di jalan raya, patuhi rambu dan peraturan lalu lintas. Agar tetap aman, sebisa mungkin bersepeda di jalur khusus bagi pengendara sepeda atau ambil sisi kiri jalur lambat yang tidak terlalu padat kendaraan. Jangan lupa gunakan bel sepeda saat ingin memperingatkan mobil atau motor. Selalu perhatikan pengendara yang lain agar tetap selamat dijalan, jangan sampai kita asyik saat bersepeda hingga melalaikan keselamatan dijalan.

 

  1. Selalu bawa Hand Sanitizer

Selama bersepeda, jangan lupa untuk membawa dan menggunakan hand sanitizer. Mengingat persebaran virus Covid-19 yang ada di Indonesia belum menunjukan adanya penurunan jumlah kasus yang cukup signifikan. Penggunaan hand sanitizer selama bersepeda diharapkan dapat mencegah virus Covid-19 masuk kedalam tubuh kita.

Itulah beberapa hal yang patut kita perhatikan ketika kita akan melakukan aktifitas bersepeda. Jangan lupa pula untuk selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami