• Jam buka

    07.00 - 20.30 WIB

  • Customer Service

    081240806323

  • hotline

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE 91: MOMENTUM KEBANGKITAN PEMUDA BANGSA KITA? - Brownies Cinta Official

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE 91: MOMENTUM KEBANGKITAN PEMUDA BANGSA KITA?

KARANGANYAR, Browniescinta.id– Tepat pada hari ini, 91 tahun yang lalu para pemuda berjuang mati-matian  untuk melepaskan bangsa kita dari penjajahan bangsa asing. 

Meskipun bukan dengan memegang bambu runcing serta mengokang senjata laras panjang, para pemuda pada kala itu lebih memilih jalan diplomasi sebagia salah satu bentuk perjuangan mereka.

Dalam buku 45 Tahun Sumpah Pemuda (1974) yang diterbitkan oleh Museum Sumpah Pemuda disebutkan bahwa setelah munculnya organisasi Tri Koro Dharmo atau Jong Java mulailah mucul organisasi organisasi daerah lainnya. 

Perhimpunan Indonesia yang pada saat itu merupakan sebuah organisasi yang hanya terdiri dari  beberapa mahasiswa Indonesia di Belanda mulai menyadari bahwa untuk mewujudkan sebuah tujuan bersama akan kemerdekaan maka diperlukan dukungan dari organisasi organisasi daerah yang lain agar cita cita tersebut dapat terwujud. 

Jong Batak, Jong Minahasa, Jong Celebes, Jong Ambon, Sekar Rukun dan masih banyak lagi merupakan organisasi organisasi kedaerahan yang memiliki cita cita bersama untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Kongres Pemuda I pada 30 April-2 Mei 1926 diwarnai perdebatan sengit karena organisasi daerah tersebut masih memiliki ego masing-masing serta memegang erat budaya mereka, hingga akhirnya diputuskanlah untuk diadakan lagi Kongres Pemuda II yang dikenal hingga saat ini dengan “Sumpah Pemuda”. Adapun deklarasi yang dihasilkan dalam kongres tanggal 28 Oktober 1928 berbunyi sebagai berikut;

“Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Pada peringatan Sumpah Pemuda yang ke 91 ini, diharapkan para pemuda sekarang untuk lebih memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. Mengingat pada era modern seperti ini, para pemuda dituntut untuk memiliki inovasi serta ide ide yang kreatif dalam segala bidang tanpa menghilangkan sifat asli bangsa kita.

Bung Karno pernah berkata: ” Beri aku 1000 Orang Tua, Niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”

Semangat itulah yang harus saya dan pemuda pemuda laiinnya di seluruh Indonesia untuk terus kita tanamkan dan selalu kita kobarkan.

Sekali lagi, Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91.

 

“Seribu Orang Tua Bisa Bermimpi, Satu Orang Pemuda Bisa Mengubah Dunia” 

~Soekarno

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami