• Jam buka

    07.00 - 20.30 WIB

  • Customer Service

    081240806323

  • hotline

5 Tips Menjalankan Puasa di Tengah Pandemi Covid-19 - Brownies Cinta Official

5 Tips Menjalankan Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

KARANGANYAR,Browniescinta.id-Bulan Ramadhan tahun ini akan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kondisi yang sangat memprihatinkan akibat terus meluasnya wabah virus Covid-19 menjadi perhatian khusus bagi seluruh umat muslim di dunia.

Dampak dari pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Aspek kehidupan tiap orang secara psikologis, sosial, bahkan spiritual ikut diuji saat ini. Termasuk pada saat ini ketika setiap umat islam memasuki bulan Ramadan.

Pada saat menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan air dan zat gizi, terutama vitamin dan mineral. Kebutuhan nutrisi harian mungkin tidak terpenuhi semuanya jika kamu tidak cermat dalam menjaga kesehatan.

Berikut 5 tips menjaga kesehatan selama menjalankan puasa di tengah pandemi Covid-19.

1. Sahur dan Berbuka dengan menu yang sehat

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang masuk ke tubuh pada saat sahur dan berbuka puasa. Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi, tinggi protein, rendah gula dan lemak untuk menjaga kesehatan tubuh.

Agar selama menjalankan ibadah puasa tubuh harus tetap berenergi. Kondisi kesehatan yang prima akan membantu kita menuntaskan puasa selama 1 bulan penuh dengan situasi yang tidak normal seperti sekarang ini. Semua upaya ditujukan demi menjaga daya tahan tubuh selama bulan Ramadan.

2. Tidur yang cukup                              

Untuk kita yang berpuasa, tidur sangat lah penting untuk kelancaran ibadah puasa. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita tidak gampang sakit saat puasa, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membuat kita lebih mampu berkonsentrasi serta berpikir kreatif saat puasa seharian. Tidur yang cukup juga bisa menjadi sumber tenaga kita ketika waktunya berpuasa seharian.

Tidur malam yang cukup adalah sekitar 6-8 jam setiap malam. Nah, supaya kita bisa mendapat tidur yang cukup di tengah kesibukan kita, ada beberapa tips yang bisa kita coba seperti mengurangi penggunaan alat elektronik sebelum tidur, menyiapkan sahur segera setelah selesai berbuka untuk dipanaskan, atau menggunakan aromatherapy.

3. Minum air dalam jumlah yang cukup

Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan bisa menimbulkan gangguan ginjal. Nah, supaya ibadah puasa kita tidak terhalang sakit karena dehidrasi, ada rumus yang bisa kita gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum supaya puasa kita tetap sehat.

Dilansir dari Halodoc.com, saat puasa kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum: 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari. Selama puasa, hindari juga minuman manis atau mengandung kafein seperti teh dan kopi, terutama saat sahur. Minuman yang mengandung kafein, terutama jika diminum saat sahur justru bikin tubuh kita merasa haus seharian.

4. Menjaga porsi makan

Setelah berpuasa seharian, tidak jarang kita berbuka dengan makan yang banyak – baik makanan berat maupun makanan ringan. Padahal, makan yang berlebihan saat berbuka puasa bisa membuat perut kita terasa penuh dan bahkan malah bikin kita sakit. Menurut dr. Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, makan berlebihan saat buka puasa bisa menimbulkan perut kita kram, bahkan bikin kita diare dan terkena gangguan gastroentritis lho. Ini karena perut kita dipaksa langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian.

Jadi, supaya tidak sakit perut, bagimana sebaiknya kita berbuka puasa? dr. Mohamed menyarankan untuk berbuka dengan makanan ringan dan air dulu, lalu dilanjutkan makan dengan porsi seperti biasa kita makan malam. Kita juga sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam saat berbuka.

5. Olahraga secukupnya

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga sama sekali, karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas.

Supaya olahraga saat puasa tidak menimbulkan kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat ya, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan ya. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang aja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.

Berikut adalah 5 tips menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Jangan sampai wabah Covid-19 menghambat pelaksanaan puasa kamu. Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah.

Berdoa, berusaha dan selalu berpikir positif adalah inti dari menjaga kesehatan dalam masa krisis ini

Sumber: popmama.com, cashbac.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami